5 Kuliner Khas Kota Kudus yang Patut Dicoba

Kudus adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah, yang berbatasan dengan Jepara, Pati, dan Demak. Letaknya cukup strategis karena berada di jalur pantura antara Semarang-Surabaya. Kudus dikenal sebagai kota kretek karena banyaknya perusahaan rokok disini. 

Nah bagi kamu yang sedang mengunjungi kota ini dan ingin mencicipi kuliner khasnya, berikut adalah rekomendasinya.

1. Soto Kudus 


Kudus memiliki sajian soto yang tidak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan soto dari kota lainnya. Kuah yang digunakan adalah kuah bening dengan isian taoge dan daging kerbau ataupun ayam. Kenapa daging kerbau? ini adalah petuah Sunan Kudus yang memang dulu melarang daging sapi untuk menghormati masyarakat hindu.

2. Lentog Tanjung


Ini adalah pilihan yang pas untuk sarapan pagi, sepiring Lentog Tanjung akan mengisi perut yang keroncongan. Lentog sendiri artinya adalah Lontong, sementara Tanjung berasal dari nama desa Tanjungkarang yang merupakan tempat tinggal dari penjual pertamanya. Saat ini Lentog tanjung bisa kita temui di sudut-sudut kota Kudus dan menjadi kuliner khas dari kota ini. 

Lentog tanjung terdiri dari 3 bahan utama, yaitu lontong yang dipotong kecil-kecil, sayur gori atau nangka muda serta lodeh tahu.

3. Pecel pakis Colo


Kudus memiliki daerah dataran tinggi di Colo, nah sebagai kuliner khasnya adalah Pecel Pakis. Pakis yang hidup di dataran tinggi mudah ditemukan disini dan diolah menjadi pecel. Sekilas tidak ada yang berbeda dengan pecel biasanya, hanya saja sayuran diganti dengan pakis.

4. Nasi Pindang

Nasi pindang adalah kuliner yang terdiri dari nasi dan olahan daging kerbau. Daging kerbau dimasak dengan kuah pindang kecoklatan dan daun melinjo. Sajian rasa gurih dan manisnya benar-benar terasa menyegarkan.

5. Sate Kerbau


Banyak sekali olahan daging kerbau di Kudus, ini sebagai kearifan lokal yang dulu diserukan oleh Sunan Kudus untuk menghormati warga Hindu. Sate kerbau ini menjadi ciri khas kudus yang bisa dicoba saat kamu berkunjung ke kota ini. Daging kerbau dilunakan dengan cara di pukul-pukul untuk dimemarkan dan kemudian dimasak dengan bumbu khsus, baru kemudian dibakar seperti sate pada umumnya.

Nah itulah beberapa kuliner khas dari kota Kudus ini, sangat cocok sebagai pengisi perut dikala singgah di kota ini. Harganya juga terjangkau kok, jadi jangan khawatir kantong bolong ya. 

0 Response to "5 Kuliner Khas Kota Kudus yang Patut Dicoba"

Posting Komentar